Inilah Objek Wisata Favorit di Labuan Bajo

Phinisi labuan bajo, Trip labuan bajo, Diving labuan bajo

Labuan Bajo diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa. Ada 6 objek wisata favorit di Labuan Bajo yang bisa dipilih wisatawan.

Indonesia populer sebagai salah satu negara yang kaya akan berbagai budaya dan sumber daya alamnya. Di mana sebagai salah satu negara tropis Indonesia memang diberkahi banyak sekali sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di negara ini.

Di sisi lain Indonesia juga terkenal akan kondisi geografis yang sangat unik dan juga berbeda, sehingga memberikan keanekaragaman yang tidak bisa didapatkan di negara lainnya. Hal ini mungkin tidak disadari sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia.

Labuan Bajo

Salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah Labuan Bajo. Umumnya banyak wisatawan luar negeri justru lebih mengenal tempat wisata di sini karena populer akan keindahan alamnya tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Labuan Bajo merupakan ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tempat Wisata

Labuan Bajo juga terletak tepat di ujung barat Pulau Flores yang menyimpan berbagai tempat wisata tersembunyi yang baru-baru ini saja ditemukan oleh para traveler dan juga dikembangkan oleh pemerintah setempat. Dihimpun detikTravel, Senin (25/2/2019) kita bahas mengenai tempat wisata favorit dan juga populer yang ada di Labuan Bajo yang bisa Anda kunjungi :

1. Pulau Rinca

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi bernama Pulau Rinca. Di mana salah satu gugusan Pulau yang terletak di Kepulauan Komodo ini memang populer akan keindahan alamnya yabg memiliki jarak yang lebih dekat dari Labuan Bajo. Pulau ini memiliki titik tertinggi yaitu gunung dengan ketinggian 670 mdpl, sehingga ketika berkunjung di sini Anda akan bisa melihat sekeliling Flores dengan sangat indah dari ketinggian.

Selain Komodo terdapat hewan lain yang hidup di Pulau ini seperti halnya kerbau, burung, dan juga babi liar. Sehingga untuk Anda para wisatawan yang ingin datang ke pulau Rinca baik yang berkunjung ketika pagi hari hingga siang hari. Namun akan rawan ketika sudah sore hari bahkan malam hari. Di Pulau Rinca para pengunjung akan mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan dengan penanaman tanaman bakau dan juga wisata alam lainnya.

2. Air Terjun Cunca Wulang

Sudah jauh ke Labuan Bajo ayo sekalian datang ke Air Terjun Cunca Wulang. Di mana air terjun ini terletak di kawasan Hutan Mbeliling dengan ketinggian 2.000 mdpl. Air terjun ini terlihat sekilas seperti Green Canyon karena memiliki suasana dan juga warna air yang sama, namun dengan versi yang lebih sempit di sisi lain berbagai bebatuan yang mengapit di sepanjang sisinya.

Anda juga diperbolehkan memanjat bagian tersebut tidak memiliki sisi yang tajam dan sangat aman banyak sekali para wisatawan yang mencoba memanjat batu tersebut, kemudian meloncat dari ketinggian ke Air Terjun Cunca Wulang ini. Namun Anda harus konsultasi dulu ke pemandu karena debit air akan berkurang jika memasuki musim kemarau, dan tentu saja hal tersebut akan bahaya untuk dilakukan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membawa makanan dan minuman karena air terjun ini belum terdapat warung makanan yang bisa menyediakan berbagai kebutuhan Anda.

3. Pulau Kanawa

Selain Pulau Komodo, pulau lain yang bisa anda kunjungi dengan air yang sangat jernih bahkan seperti halnya akuarium bernama Pulau kanawa. Dimana Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Timur dengan luas kurang lebih 35 hektar saja dan memiliki keindahan alam yang sangat cantik dan juga mempesona, terutama di bagian pantai dan juga bawah lautnya.

Anda tidak perlu berenang atau menyelam ke dasar dan Anda bisa melihat air laut yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan dan juga pasir putih yang masih sangat bersih. Hal ini menjadikan banyak wisatawan harus mematuhi peraturan yang diberikan oleh pemerintah dengan menjaga kebersihan dan juga tidak membuang sampah sembarangan, bahkan keindahannya dapat dilihat dari atas permukaan laut seperti terumbu karang ikan kecil bahkan penyu. Jika ingin bermalam di Pulau Kanawa sudah terdapat 13 guest house yang tersedia dengan harga sewa kurang lebih Rp 300.000 per malam dengan akses menggunakan speed boat dari Labuan Bajo.

4. Gua Rangko

Tempat wisata unik langit yang bisa anda kunjungi dengan nama Gua Rangko. Di mana Gua Rangko ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Jika anda yang belum tahu apa itu gua rangko. Sebenarnya Gua Rangko merupakan sebuah gua dimana dihiasi oleh berbagai batu dan juga stalaktit yang tidak tajam serta sangat aman dengan terisi air laut berwarna biru jernih yang sangat eksotis dan juga indah. Namun sayangnya Gua Rangko ini merupakan salah satu area atau tempat wisata yang cukup sulit untuk diakses sehingga Anda harus berjalan kaki dan juga menggunakan jasa tour guide masyarakat setempat, agar tidak tersasar atau bisa mencapai tempat yang lebih mudah. Tempat ini susah dijangkau, namun semua usaha pasti akan terbayar ketika sampai dan berenang di Gua Rangko.

5. Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang cukup terkenal atau populer setelah Pulau Komodo. Namun perbedaan antara Pulau Komodo dan juga Pulau Padar adalah hewan khas Flores yaitu Komodo. Di mana di Pulau padar ini Anda tidak bisa menemukan binatang seperti halnya Komodo untuk mencapai Pulau ini. Ada membutuhkan pemandu Yang berpengalaman dan juga pembawa kapal khusus yang sudah mengetahui area ataupun air laut di daerah tersebut Pulau Padar sendiri ditumbuhi banyak sekali rumput dan juga pohon-pohon besar dari puncak Pulau Padar ini ada dapat melihat keindahan laut di sekitar pulau padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Jika ingin mengunjungi Pulau padar sangat disarankan untuk menggunakan sepatu gunung. Karena untuk mencapai puncak Pulau Padar jalanan cukup terjal dan akan sakit jika menggunakan sendal saja.

6. Wae Rebo

Bagaimana rasanya jika anda mengunjungi sebuah tempat wisata yang seolah-olah berada di atas awan ? Hal ini bisa didapatkan langsung jika Anda datang ke Labuan Bajo, khususnya tempat wisata dengan nama Wae Rebo. Tempat wisata ini merupakan sebuah desa yang sangat unik dan juga eksotik. Di mana lokasinya yang berada di tengah-tengah pegunungan dan juga masyarakat yang masih menggunakan rumah adat serta melakukan kegiatan sehari-hari dengan sangat tradisional.

Namun alasan ini juga yang menjadikan salah satu daya tarik. Kenapa banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengunjungi desa ini dan mempelajari budaya yang ada di masyarakat. Namun sudah terbiasa untuk dikunjungi oleh wisatawan sehingga anda tidak perlu khawatir ataupun takut.

Itulah deretan tempat wisata hits atau populer yang ada di Labuan Bajo selain Pulau Komodo yang bisa Anda kunjungi. Jangan lupa ketika Anda mengunjungi tempat wisata di Labuan Bajo maka harus persiapkan berbagai kebutuhan dengan sangat matang.

Karena di sana memang tidak selengkap Bali atau Lombok dan masih kekurangan berbagai fasilitas pendukung untuk wisatawan. Namun hal tersebut tidak akan mengurangi keindahan dan kepuasan ketika mengunjungi Labuan Bajo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *